Monday , October 18 2021
Tips Mengatasi Anak Demam Dengan Cepat Dan Efektif

Tips Mengatasi Anak Demam Dengan Cepat Dan Efektif

Demam pada bayi atau anak tidak selalu berbahaya, bahkan sebagian besar dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Demam pada umumnya merupakan peningkatan suhu tubuh anak secara sementara, nah seringkali kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh penyakit.

Demam yang biasanya dialami oleh bayi dan anak dianggap sebagai respons normal terhadap berbagai penyakit infeksi. Nah Infeksi ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasite, demam sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk memerangi infeksi secara alami.

Namun selain disebabkan oleh infeksi, demam juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti penyakit autoimun, imunisasi, dan kelainan pada otak. Namun, penyebab demam selain infeksi ini cukup jarang ditemukan.

Tips Mengatasi Anak Demam

Saat bayi atau anak sedang mengalami demam, mungkin akan tampak lebih lemas, rewel, sering menangis, gelisah dan susah tidur. Nah maka dari berikut ini telah kami hadirkan cara mengatasi demam pada anak yang bisa anda terapkan dirumah.

1. Kompres Air Hangat

Jika bayi atau anak sedang dalam kondisi demam, mungkin cara pertama yang bisa dilakukan dengan mengompres si kecil dengan air hangat. Cara ini sudah sangat umum dilakukan oleh orang tua yang dipercayai dapat membatu menurunkan demam pada anak.

Kompres dapat ditempatkan pada dahi, dada, perut, atau ketiak anak saat ia tidur atau berbaring. Jangan lupa untuk mengganti kompres ketika mulai kering atau terasa panas dan pantau suhu tubuh anak secara berkala setiap 1-2 jam setelah memberikan kompres.

Walaupun sebenarnya, cara ini hanya dapat menurunkan demam anak sementara, bahkan juga mungkin tidak sama sekali dapat menurunkan demam pada beberapa anak. Namun kebanyakan kasus cara ini sangat ampuh untuk sedikit menurunkan panas pada anak, maka tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

2. Memberi Obat Demam Pada Anak

Cara selajutnya anda dapat menggunakan obat penurun panas pada anak, namun dengan catatan dosis obat tersebut harus disesuaikan dengan usia dan berat badan si buah hati atau sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Sangat tidak dianjurkan untuk memberikan obat lain, seperti obat flu, antibiotik, atau obat penurun panas lain selain paracetamol tanpa resep dokter.

3. Mandikan dengan air hangat

Jika anak demam, tetap diperbolehkan memandikan atau hanya sekedar mengelap Si Kecil, namun harus menggunakan air hangat. Jangan sampai memandikan anak yang sedang demam dengan air dingin, karena hal tersebut bisa menyebabkan suhu tubuhnya bertambah tinggi dan membuatnya menggigil karena kedinginan. Air hangat yang mengenai kulit anak ketika mandi akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikit menurun.

4. Memberikan Makanan dan Minuman yang Cukup

Pada umumnya demam akan menyebabkan anak kehilangan banyak cairan dari biasanya. Selain itu jika anak sedang demam, tubuhnya juga sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Pastikan pada saat anak demam, kebutuhan cairan dan nutrisinya tercukupi untuk mencegahnya dari dehidrasi.

Namun jika cara-cara di atas dirasa tidak berpengaruh untuk menurunkan demam anak, sebaiknya anda segera membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.